Kamis, 12 November 2015

Tanah Longsor Menimpa Rumah Ibu Lusitriani



Diawal musim penghujan ini, terjadi musibah tanah longsor yang menimpa rumah salah satu kader PKS Lahat, yaitu ibu Lusitriani. Ibu Lusi (sapaan akrabnya) bertempat tinggal di perumahan sage kota Lahat. Kejadian longsor yang menimpa rumah tepatnya bagian dapur tersebut terjadi pada hari Senin malam sekitar pukul 12 malam.

Kejadian tersebut menimpa saat ibu lusi sekeluarga sedang terlelap tidur. Menurut keterangan ibu lusi, beliau baru tersadar saat air sudah mulai menggenangi kamar tidur mereka. Saat dilihat bagian dapur, ternyata sudah tertimbun longsoran tanah.

Saat tim DPD PKS Lahat berkunjung ke rumah beliau (11/11) yang dipimpin langsung oleh ketua DPD Ustad Faruq yang didampingi oleh Sekum, dan akh Hatta, melihat bahwa countur tanah yang ada tepat di belakang rumah ibu Lusi tersebut memang labil, ditambah dengan hujan deras yang mengguyur sepanjang malam sampai subuh. Longsoran tanah menghabiskan bagian dapur.

Melalui kejadian ini, DPD PKS Lahat menghimbau kepada pemerintah dan masyarakat untuk mewaspadai kejadian-kejadian yang bisa ditimbulkan oleh hujan yang deras, seperti tanah longsor dan banjir mengingat kondisi geografis Kabupaten Lahat yang sebagian besar perbukitan. Ditambah lagi banyaknya hutan yang gundul pasca kebakaran beberapa bulan yang lalu. Sehingga kondisi tersebut semakin mengurangi resapan air hujan disebabkan hutan yang sudah gundul. Maka dari itu, saat musim hujan inilah menjadi kesempatan yang baik untuk semua masyarakat mulai menanami kembali tanah-tanah bekas terbakar  agar bisa mengembalikan lagi fungsi tumbuhan sebagai resapan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar